Jumat, 20 Mei 2016

GARDENING: My "May" Green Garden

Hai,,,
Selamat Pagi!!!

     Perasaan minggu ini aku aktif banget posting ya, dalam satu minggu, ini adalah postingan ke-4. Wew..

     Kali ini ganti tema dan topik kok, balik lagi ke "GARDENING" yuk. Aku mau sharing gimana kondisi kebun atau halaman rumahku pas aku pulang kampung awal Mei kemarin (pas looong weekend).

     Jadi aku seneng banget, karena finally bunga petuniaku yang aku tanam sendiri dari benih sudah berbunga. Semai benih dari awal Februari dan pas aku pulang kemarin dia berbunga. Sebenernya kata Ibuku udah pernah berbunga sebelumnya itu, mungkin sejak April kali ya. Baiklah aku list aja ya per foto, mari diliat...

1. Amarilys
Bunga Amarilys
Bunga Amarilys warna Orange, entah masuk varietas atau kultivar apa.
      Nah pas aku pulang kemarin, pas banget Amarilys di depan rumah Embahku (sebelahan banget sama rumahku) berbunga dan kalau Amarilys berbunga itu kan satu tangkai bisa sampai 4 bunga tapi memang nggak berbarengan mekarnya. Kalau kalian perhatikan di foto di atas, masih ada 2 bakal bunga lagi yang belum mekar. Dan lihat umbinya yang nongol di bawah itu, besar banget kan. Ini bakal jadi indukan karena tunggu aja beberapa minggu lagi pasti bakal tumbuh umbu anakan di sekeliling umbi induknya. Selain yang warna orange ini, ada yang warna merah gelap juga, mekar pas aku pulang yang long weekend Maret kemaren dan gak ke-foto. Kata Mbah putriku juga ada warna Putih dan Variegata (campur) tapi aku belum pernah nemuin yang putih pas mekarnya.

Tanaman Amarilys
Rumpunnya berkumpul, awalnya cuma 1 umbi, jadi banyak gitu kan.
     Amarilys ini termasuk cepet banget berkembang biaknya. Umbinya cepet banget tumbuh. Contohnya pot di atas ini. Awalnya cuma 1-2 umbi, kemarin itu jadi banyak banget kan. Ini harus segera di pisah. Dan pas pulang kemarin aku jg bantu embah putriku misahin umbi Amarilys ini, soalnya udah acakadut dalam satu pot hehehehe. Kita cuma berhasil mindahin satu pot umbi, habisnya capek banget sih, susah misahinnya jadi pot harus dibongkar setanah-tanahnya.

     Yang minat Amarylis, boleh sini dateng aja ke rumah, aku cabutin satu hehehhehe

Amarilys Oleh-oleh
Umbinya oleh-oleh dari Brastagi, Medan
     Kalau foto di atas ini tumbuh dari umbi yang dibeliin temenku pas jalan-jalan ke Medan. Bener-bener umbi thok, gada akarnya sedikit pun. Awalnya aku khawatir nggak tumbuh. Ternyata tumbuh meskipun telat.

     Untuk cara tanam dari umbinya, nanti akan di posting menyusul ya setelah berbunga :)

2. Gladiol
Tanaman Gladiol
Umbinya juga oleh-oleh dari Brastagi, Medan
     Bermodalkan umbi (belum berakar) hasil oleh-oleh dari Medan juga aku menanam gladiol. Kata Gladiol itu kalau nggak salah berasal dari Yunani yang artinya "pedang", ya karena memang bentuk tangkai bunganya panjang kayak pedang gitu dan satu tangkai itu bunganya banyak. Aku langsung tanam di halamanku, bukannya di pot atau polibag. Bismillah aja aku tanam akhir Maret. Estimasi aku nggak terlalu tinggi sih, ternyata nggak sampai 6 minggu pertumbuhannya Masya Allah cepet banget. Soalnya aku tahunya kan gladiol banyak dibudidayakan di dataran tinggi sedangkan letak rumahku kan di dataran menengah sekitar 400-500 mdpl jadi khawatir aja susah tumbuh. Tapi memang ada satu umbi yang telaat banget tumbuhnya (foto kiri atas), tuh baru bertunas di saat ketiga kawannya punya daun sudah tinggi-tinggi.Untuk ketiga umbi lainnya sudah muncul rata-rata 4 daun dan satu umbi muncul 2-3 tunas lhoh. Tinggal tunggu berbunga setelah daun ke-7nya muncul. Semoga berbunga dengan cantik ya..

     Untuk cara tanam dari umbinya, nanti akan di posting menyusul ya setelah berbunga :)

     Ohya, di sebelah-sebelahnya itu ada tanaman tagetes/marigold, belum berbunga sih dan lupa aku foto langsung tanamannya.

3. Sedap Malam
Tanaman sedap malam
Umbinya oleh-oleh dari Medan juga
    Heiiii, iini bukan rumput yaaaa, apalagi kalau dibilang rumput gajah hahaha, memang mirip sih ya, tapi ini seriously tanaman sedap malam kok. Aku tanam dari umbi (tanpa akar dan tunas) pada akhir Maret. Kalau berdasarkan searching di internet, sedap malam akan berbunga saat umur 4 bulan setelah tanam. Lumayan lama ya tapi semoga berbunga pas lebaran besok biar ngga beli bunga lagi di pasar, hehehehe

     Untuk cara tanam dari umbinya, nanti akan di posting menyusul ya setelah berbunga :)

4. Petunia
bunga petunia
Petunia hasil tanam dari benih
     Sebenarnya aku punya 2 pot gantung Petunia, tapi yang baru berbunga yang pot ini. Yang satunya baru muncul bakal bunganya, mungkin kalau sekarang sudah berbunga. Kalau yang di pot ini dari 3 atau 4 tanaman yang berhasil tumbuh dari benih, baru 2 yang berbunga. Yang satu warnanya putih dan yang satu warna ungu ini, karena pas aku beli memang tertulis di labelnya "Petunia Mix". Yang putih aku lupa foto karena sudah berbunga duluan. Cantik kan..Aku juga lagi coba tanam Petunia jenis lain (yang kelopaknya nggak polosan kayak gini) dari benih juga. Semoga tumbuh ya... Amiin

5. Morning Glory
Bunga Morning Glory
Morning glory yang tumbuh dari benih
     Benih morning glory ini awalnya aku semai di Jakarta dan pas aku pulang akhir Maret aku bawa dan pindah tanam di rumah. Ada 3 yang tumbuh dan aku pindah tanam di rumah tapi yang baru berbunga yang satu ini dan warnanya pink. Jadi yang 2 aku belum tahu warnanya apa karena aku belinya "Mix". Kalau aku perhatikan sih sepertinya dia ini sudah pernah berbunga sebelumnya soalnya aku menemukan bakal biji (tuh keliatan di pojok kiri bawah). Morning glory ini jenis tanaman merambat, jadi cucok dan cantik kalau di tanam di dekat pagar trus batangnya dililitkan seperti ini, nanti ujungnya akan melilitkan sendiri.

6. My Other Green Space


Pas di depan teras rumah
Semua jenis tanaman yang pas di depan teras rumahku
     Plastik warna hijau tua itu adalah growing bed yang aku beli di T*k*pedia. Aku beli 3 ukuran, S, M, dan L. yang L belum aku pakai karena ternyata ukurannya besar banget. Sedangkan yang baru aku pakai adalah yang ukuran lebar 20 dan 30 cm seperti foto di atas. Sedap malamnya aku pindah ke growing bed yang ukuran 20 cm. Tanaman yang aku transplan di growing bed ukuran 30 cm adalah tomat, cabai, kemangi dan bunga garland daisy. Nah kalau melihat space kosong itu sebenernya sudah aku tebar benih. Ada benih kangkung, bayam hijau, bayam merah, caisin, kailan dan kacang panjang. Pas aku cek hari minggunya sebelum balik Jakartaa sih untuk kangkung, caisin dan bayam udah mulai tumbuh. Yah semoga bisa tumbuh besar biar bisa dioseng sama Ibukku di rumah.

     Selain aku taruh growing bed, langsung di tanahnya juga ada pohon buah Tin, buah Mangga, Pepaya, Talas, Cabe, Amarilys, Gladiol, Tagetes/Marigold, Marigold, Alamanda Kuning dan satu tanaman rambat bunga ungu yang aku nggak tahu namanya (lama banget nggak berbunga).

     Oke sekian aja sharing "pamer" kebunku yang sempit dan nggak seberapa itu. Nanti pas pulang sebelum lebaran aku sharing lagi kalau ada yang perlu di "pamerin" hahahahaha  #justkidding

     See yaaa....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar