Jumat, 20 Mei 2016

RECIPE: Brownies A la A la using My Lovely Magic Com

Halloooo...

     Kali ini aku mau sharing tentang topik yang lain, karena mumpung masih "anget" banget, biar nggak lupa.

     Jadi ceritanya 2 hari yang lalu pulang kantor aku belanja ke Superind*. Nah habis itu kepikiran pengen bikin sesuatu yang memang udah lama pengen dibuat. Gara-gara ada yang posting di FB dan aku lihat resepnya praktis banget terutama untuk aku yang anak kost yang semua peralatan dapur serba terbatas. Berawal dari postingan seseorang di sebuah group/komunitas masak memasak, aku akhirnya langsung eksekusi deh. Tapi aku juga sempet googling dan cari resep yang lebih praktis. Nah mari yuk disimak step-step pembuatan Brownies a la a la pake magic com ini.

BAHAN & ALAT

bahan untuk membuat brownies a la a la

    Bahannya gampang banget ditemukan dan dicari di Minimarket/Supermarket. Takarannya pun gampang diinget:

  • Telur Ayam 2 butir
  • Gula Pasir 5 sdm
  • Tepung Terigu (aku pakai segituga biru) 5 sdm penuh munjuung
  • Cokelat Bubuk 5 sdm (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
  • Susu Kental Manis Coklat 5 sdm (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
  • Margarin 5 sdm (lelehkan dengan cara di tim)
  • Baking Powder 1/2 sdt
  • Keju Parut/meses untuk Taburan

     Alatnya juga nggak ribet lho:

  • Mangkok dengan ukuran yang cukup besar
  • Garpu
  • Sendok
  • Magic com tentunya (di sini my lovely magic com ukurannya 0.7 liter merk miyak*)

CARA MEMBUAT

     Yuk sekarang diintip step-step pembuatannya olehku.. :)

step-step pembuatannya

1. Masukkan 2 butir telur (kuning dan putihnya ya) ke dalam mangkok besar tadi. Maukkan juga gula               pasirnya. Setelah itu kocok dengan garpu.
2. Kocok hingga warnanya jadi pucat seperti di gambar. Aku ngocoknya sampe tanganku pegel banget             hehehehe. Ya sekitar 10-15 menitan. Sambil istirahat aja setiap beberapa menit.
3. Setelah itu masukkan terigu. Aduk/campur hingga rata dan tidak ada gumpalan terigu.
4. Setelah campuran terigu, gula dan telur rata, masukkan cokelat bubuk, susu kental manis, margarin cair,         dan baking powder. Aduk kembali sampai rata dan tidak ada gumpalan coklat bubuknya ya...

step-step pembuatannya

5. Lapisi bagian dalam "panci" atau "loyang" magic com dengan margarin (aku ngelapisinnya pakai sendok),       nggak perlu rata-rata banget yang penting semua kena margarin. Trus iseng aku taburin sedikit terigu juga.     Entahlah ini terigu ngaruh atau enggak heheheh
6. Tuang adonan brownies a la a la-nya ke dalam loyang a la a la juga hehehehe sampai adonan habis bis bis      bis ya..
7. Done. Masukkan ke magic com ya. Tekan Cook! 

     Setelah tekan COOK ngga berapa lama (ngga nyampe 10 menit) indikator langsung pindah ke WARM. Kalau aku, aku tekan COOK hingga 4 kali sampai benar-benar matang menurutku. Tipsnya, saat tekan COOK yang pertama dan sudah naik ke WARM, diamkan dulu sekitar 5 menit. Kemudian baru tekan COOK lagi. Saat naik ke WARM lagi diamkan dulu sekitar 5 menit (supaya indikator dan element-nya tidak cepat rusak) begitu untuk berikutnya sampai dikira matang. Ngeceknya tusukin aja tusuk sate atau garpu ke bagian tengah kuenya, kalau sudah kering berarti sudah matang.

      Nah, merk magic com juga mempengaruhi lho teman-teman, terutama saat proses COOK yang kedua dan seterusnya (sampai matang). Kalau untuk merk c*sm*s ukuran 1 liter, COOK kedua dan seterusnya akan bisa ngangkat dan tidak langsung back ke WARM. Kalau untuk merk miyak* saat COOK kedua dst tidak bisa ngangkat karena isi di dalamnya terlalu ringan jadi kalau aku ada cara untuk mengakalinya. Siapkan serbet makan bersih (yang kotak-kotak itu lho), lipat memanjang kali, buka tutup magic com kemudian letakkan serbet yang sudah dilipat tadi di bagian antara "mulut magic com" dan tutupnya. Kemudian tutup magic com dan tekan COOK, jika indikator COOK menyala (warna merah), diamkan tunggu hingga WARM, namun jika tidak mau, lipat lagi dan coba lagi sampai indikator COOK saat ditekan menyala. 

     Tapi, harus pakai perasaan ya dan hati-hati, kalau nggak hati-hati nanti magic comnya bisa rusak. Sorry untuk foto "akal-akalan" aku lupa ngga aku foto hehehe

     Dan berikut setelah 4 kali COOK, total waktu yang dibutuhkan untuk COOK di magic com krg lebih satu jam.

brownies a la a la using magic com
Setelah 4 kali COOK, mateng deeeh. Disini kejunya aku taburkan saat akan COOK ke-4

brownies a la a la using magic com
Mengembang kan, nggak bantet lhoh..

brownies a la a la using magic com
Yummy......!!!
     Untuk takaran resep di atas tadi memang jadinya sedikit, sesuai lah dengan ukuran magic com yang kecil. Bisa dikalikan kok resepnya. Untuk magic com aku ini kayaknya masih bisa untuk adonan 2 kali resep. Dan untuk first try ini bisa dibilang berhasil lah, kuenya nggak bantet, tapi nggak moist banget juga sih. Untuk tingkat kemanisan menurutku yang nggak terlalu suka manis sih ini udah pas tapi menurut beberapa temen yang ngicipin sih katanya kurang manis. Jadi gulanya bisa disesuaikan lah ya. Kalau mau a la a la Amanda, bisa jg bikin chocolate ganache (dark cooking chocolate di tim dicampur whipping cream cair) lalu ganachenya dioles ke seluruh bagian cake-nya, bisa juga cake dibelah melintang lalu oleh ganache di tengahnya (jadi pengen bikin lagi cuy).
  
     Sekian sharing aku tentang Brownies a la kadarnya hahahaha, masih ada resep praktis yang mau aku share, ditunggu ya...

Selamat beraktivitas!!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar