Jumat, 30 Oktober 2015

TRIPVENTURE: 2 Days 1 Night at Paguyangan, Brebes (Part 2-The Main Course)

View in front of Telaga Ranjeng

Kembali lagi....

Yak kali ini aku mau ngelanjutin cerita pengalaman aku selama short escape ke Brebes. Dan selamat datang di Part 2 ini.

Diawali di pagi hari, karena udara pagi yang sangat sejuk dan dingin (baca: suasananya bobok-able) jadi aku bener-bener baru bisa bangun jam 7 dan ini nyawa belum kumpul semua. Ngumpulin nyawa sambil nonton tivi, minum teh anget dan nyemil gorengan tempe ala ala sana (tempenya dipotong kecil dan tipis, kayak mendoan gitu tp keknya gak cuma pake tepung terigu deh, agak keras renyah gt). Trus jam set 8 ato 8an aku mandi. Brrrrrrrr airnya dingin seger, tapi gak sedingin air yg di Gunung Bunder Bogor ato Tawangmangu. After that kita siap-siap. Jam set 10an kami berangkat ke Kaligua, dan again di-sponsorin oleh Pak Syafii untuk semua akomodasinya. Selain aku sama Inong, yg berangkat ke Kaligua ada Mas Rijal (yg nyopirin mobil, ponakannya pak Syafii), Istrinya Pak Syafii, Mbak siapa gitu (anak mantunya pak Syafii) sama anaknya, Rara, Dewa, Raja, dan Danar.

Jalannya nanjak, dan setelah belok ke jalan yg mau ke Kaligua pemandangannya bagussss. Sawah terasering di kanan dan kiri jalan, berbukit-bukit, dan di sawah2nya banyak batu-batu besar. Trus teraseringnya tuh bagus bgt, batu-batu ditata rapi banget. Unfortunatelly lupa di foto TT^TT habisnya pas lagi jalan dan nanjak pula, takut klo mobilnya berhenti kan gak lucu, mana jalannya sempit lagi, kalau papasan ma mobil di arah yg berlawanan mobil dua-duanya nih harus nepiiiiii bgt. Super sempit gitu deh jalannya. So, buat yg newbie alias baru pertama kali lewat sana ya hati-hati aja, dan sepertinya sepanjang jalan itu sedang ada perbaikan, ada yg pengaspalan, pengerukan sungai untuk pelebaran jalan, dan banyak kendaraan proyek yg lewat (proyek pengeboran gas bumi, FYI, di sana mau dibangun semacam yg kayak di Kawah Darajat garut itu, sumber energi geothermal gitu). Trus kalo sudah masuk hutan-hutan pinusnya, ini yg harus hati-hati karena kanan tebing dan kiri jurang. Inget, sebelum belokan harus klakson dulu ya, soalnya kalo ada mobil dari arah berlawanan kan gak keliatan. Inget bro, sebelah kirimu jurang yg duh mpe ngilu ngebayanginnya.

Di sepanjang perjalanan pokoknya selain nemuin hutan pinus juga kebun-kebun sayur yg kalo dari kejauhan kayak karpet alam. Unfortunatelly kan sekarang lg kemarau panjang, jadi banyakan gak dikarpetin ijo alias bnyk yg nggak di tanamin, like these,

Dan sebelum sampai di Kaligua, kita akan melewati Telaga Ranjeng. Letaknya bener-bener di pinggir jalan yg ke arah Kaligua. Dari arah kantor kecamatan Paguyangan, pas kiri jalan dan dari jalan pun udah keliatan Telaganya. Aku lupa ambil gambar pager luar Telaganya. Aku baca sekilas dari plangnya, tulisannya kalo gak salah Telaga Ranjeng ini masuk ke Cagar Alam apa gitu ya namanya (Sorry bgt aku lupa namanya....). Untuk parkirnya, tepat di seberang Telaga Ranjeng (kanan jalan).

FYI, untuk masuknya ini nggak dipungut biaya yg fix, tapi disediakan kotak dan diisi uang seikhlasnya, mau nggak ngisi boleh kalau mau ngisi yaa it's better. Semoga bener-bener dipakai untuk hal baik lah yaaa. Dan beginilah penampakan Telaga Ranjeng

Dingiiiiiin banget, dinginnya sejuk. Cahaya mataharinya pun nggak menyengat. Dan the best attraction here is feeding the fishes. Ikannya segede-gede bayi boook...

Ehm, gimana? keliatan kan gedenya segimana? Agak-agak serem sih ngeliatnya tapi lucuuu dan amazing bgt tuh ikan bisa segede gitu. Tapi ooh tapi, ceunah ini ikan HARAM buat diambil, konon kalau yg berani ambil nih ikan, org yg ngambil akan kena sial. But I dunno. Ya bener sih, kalau ikannya diambilin ntar jadi ngurangin keindahan Telaga ini. Kalau ikannya makin sedikit kan jadi nggak seru, intinya sih gitu. Cuma sebentar aja sih di sini, coz mo lanjut lagi ke Kaligua. Foto dulu sebelum cuuuz...
My Trip Mate

Lanjut perjalanan ke Kaligua dan tiba sekitar pukul 12.30. Tiket masuk Argo Wisatanya kalo gak salah Rp 10.000/orang dan parkir mobil Rp 5.000/mobil. Setelah sampai di tempat parkir dan lapaar beraaats, kami makan bekal yg dibawakan Ibu Syafii. Sedap bener makan pake sayur buncis, ikan asin, ayam, dan sambel, plus gorengan tempe. Sedaaap, yg biasanya aku makan dikiiit bgt, kemarin habis makannya, kelaperraaan. Hahahaha

And welcome to Kaligua....

Nah, di Kaligua ini juga masih ada beberapa rekreasi di dalamnya, antara lain Petik Strawberry, bebek2an kayak yg ada di gambar di atas, Tuk Bening dan Goa Jepang. tempat Petik Strawberry letaknya agak di depan, tidak jauh dari pintu masuk, tepatnya di kanan jalan. Unfortunatelly kita gak masuk ke "wahana" itu. Untuk Tuk Bening sendiri cukup dekat dengan lokasi beli tiket bebek-bebekan ini, tinggal jalan kaki sebentar, kalo santai ya 5 menit nyampe. Kemudian untuk Goa Jepang, kalo jalan lumayan jauh dan melelahkan, karena nanjaaaaks. Mending naik odong-odong, cuma bayar 2000 rupiah sekali jalan. Dan kami pun menuju Goa Jepang dulu.

Clockwise: Odong-odong, View Tea Plantation, View tea plantation, pintu masuk Goa Jepang

Untuk Goa Jepangnya sendiri lokasinya di bawah (di dalam) bukit kebun teh itu. Di dalamnya dingiiiiiin banget. Entah ini dingin karena hawa pegunungan yg dingin atau dingiin karena..... (isi sendiri deh). Aku gak foto-foto dalam goa-nya. Enggak mau aja. No more reason, hehehehe

Cukup foto-foto kebun tehnya aja, pengen bgt naik mpe ujung atas bukit teh biar keliatan semuanya. Tapi ada satu hal yg menghalangi, debu. Yap karena ini kemarau yg berkepanjangan, tanahnya kering dan ngepul bgt debunya. Kalo tanahnya diinjek gitu, debu tanahnya jadi beterbangan (duh engga tau deh disebutnya apa, debu tapi tanah, entahlah). Cukup nggak nyampe setengah tinggi bukitnya aja, saya nyerah.

Dan kalau kataku nih, aku lebih gampang naik bukitnya daripada turun bukit. Dasar gak pernah olah raga ya, pas turun bukit tuh otot-otot di paha tuh kerasa ketarik semua, dan berasa kram-nya,, ohmayGod dan itu masih kerasa mpe 2 hari berikutnya.

Turunnya kami pake odong-odong lagi, trus kami ke Tuk Bening (si krucil pada naek bebek-bebekan). This is it..

Tuk Bening artinya mata air yg bening/jernih. Airnya dingiiiiin seger bener. Sumbernya dari tempat yg dinaungi rumbia itu (foto kiri atas). Dan di deket situ ada musholanya juga..

Then sekitar pukul 14.00 kami kembali ke rumah Pak Syafii. Nyampe rumah nih ya karena saking capeknya, aku menidurkan diri, nggak lupa makein balsem di kaki. Hehehe

Bangun sekitar jam 17.00 langsung mandi dan nemenin Inong pamitan ke rumah Bu Ais. Dan sekitar pukul 19.00 aku dan Inong diantar mas Rijal, mba Iis dan Dewa ke Stasiun Bumiayu. Jarak rumah pak Syafii dan stasiun cukup deket, sekitar set jam aja. tapi setengah jamnya di daerah sana tuh ya jangan di samain setengah jamnya naik mobil di Jakarta yaaah, hehe mayan jauh soalnya...

Pukul 20.12 kereta datang dan gak nunggu lama langsung jalan...

Dan Paguyangan memberikan aku kenangan indah lainnya, aku di sambut seperti keluarga mereka yg lama tidak berjumpa. Dan aku menemukan keluarga baru lagi,,
Terima kasih Pak Syafii, Ibuk, Mba Iis, Mas Rijal, Dewa, Raja dan Danar, maaf merepotkan selama di sana..
Insya Allah kalau masih ada umur dan kesempatan, Aku main lain kesana yah...

Jakarta, 30 Oktober 2015

Baca juga: TRIPVENTURE: 2 Days 1 Night at Paguyangan, Brebes (Part 2-The Main Course)