Senin, 26 Oktober 2015

TRIPVENTURE: 2 Days 1 Night at Paguyangan, Brebes (Part 1)

Telaga Ranjeng

Sudah lama bgt yah ternyata gak update postingan baru, sebulan lebih keknya, hahahaha, sebenernya ada yg mau di posting tapi selalu gak sempet gitu (sok sibuk -____-)

Okay, anyway, aku mau sharing tentang "short escape" aku selama 2 hari 1 malam (technically 2 nights 2 days, nanti diceritain deh hehehe) di kec Paguyangan kab Brebes dan ini masih anget banget karena baru touch down ibukota lagi tadi dini hari sekitar set 1 pagi. Hehehehe

Jadi awal mulanya kenapa aku bisa ke Brebes ini adalah saat aku ngerasa bosaaaan bgt dengan kehidupan di ibu kota. Akhirnya curhatlah ke seorang teman dan sebut saja namanya Inong by BBM. Dan ternyata dia malah ngajak buat ke desa tempat dia dulu KKP (kuliah kerja profesi, sejenis KKN, kalo di IPB namanya KKP). Jadi sekitar 3 tahun yg lalu atau dari Juni-Agustus 2012 selama 49 days (kayak judul drama Korea -__-) adalah jadwal KKP untuk sebagian mahasiswa IPB angkatan 46 (2009-red), pesertanya adalah mahasiswa Fakultas Pertanian, Fakultas Ekologi Manusia dan Fakultas Ekonomi Manajemen (sebagian). Waktu itu penempatanku di Kab Garut kec Bayongbong Desa Cikedokan. Nah si Inong ini penempatannya di Brebes. Finally dia ngajak buat sowan ke pak Kades di sana, dan kita beli tiketnya sekitar sebulan sebelum hari keberangkatan (sekalian beli tiket PP). Si Inong yg reservasi tiket, kami nyari yg murah-murah aja karena pengen ngirit. PP naik kereta Kutojaya Utara. Berangkat dr Pasar Senen (PSE) hari sabtu pukul 05.30 tujuan Bumiayu (BMA) dan pulangnya dari BMA hari minggu pukul 20.12.

Jadi hari jumat malam tanggal 23 Oktober kami berdua bertolak dari kosan aku di Tebet sekitar pukul 21.00 (makan dulu di McD) naik metromini 62 arah ke Manggarai trus turun di pertigaan sebelum metromini 62 belok ke kanan arah terminal Manggarai. Trus oper metromini 17 tujuan Pasar Senen. It cost 4000 rupiah each.

Nyampe Stasiun kita langsung cari "spot" buat ngemper, tepatnya di depan Alfamart. Itulah yg td aku sebut kalo secara teknis kita acaranya 2 nights karena first night kita nginep ngemper di Stasiun dan duduk di dpn Alfamart tanpa alas koran, dan I don't know why aku bisa tidur (ohmyGod udah takut aja bakal masuk angin hihihihi). Ohya kenapa kita gak berangkat pagi2 buta aja naik taksi? itu karena kami berdua adalah org yg kalo udah di kasur males bgt bangun pagi-pagi apalagi hrs jauh2 ke Senen hehehehe, jadi kita mending nginep di stasiun biar kita jg nyantai, begitulah sodara-sodari sekalian... hehehehhe

Hari sabtu 24 Okt sekitar pukul set 5 pagi kita berdua "check in" dan langsung masuk kereta. Sekitar 2 menit sebelum jalan, ada sedikit keramaian di sebelah tempat duduk kami. Ada seorang Ibu-Ibu yg baru dtg trus aneh karena kursi yg tercantum di tiketnya udah ada yg ngedudukin (Ibu-Ibu juga), trus Ibu-Ibu yg udah duduk duluan ngomong ngeles apa gt, pas diliat 2 tiketnya ama Bapak2 yg duduk di depannya, si bapaknya aneh soalnya gerbong dan nomor kursinya sama. Nah aku, Inong, dan mas2 yg duduk di sebelah Inong trus liat2an karena bingung gimana gitu soalnya kita bertiga nguping hehehe. Nah ternyata pas dicek tanggalnya, yg si Ibu yg datang duluan itu sebenernya adalah berangkat untuk tgl 25 Okt, bukan 24 Okt, Nah Loh! akhirnya si Ibu yg dtg terakir ngalah karena kursi di samping aku kosong yaudah si Ibu itu duduk di sebelah aku, untungnya emang gada yg dtg "yg berhak" nempatin kursi sebelah aku, dan pas cek tiket di dlm kereta, si Ibu itu lolos soalnya gak dicek, Untung ada kursi kosong juga, hadeuh...

Jadi singkat cerita, setelah tertidur dan kepala kejedot-jedot pinggiran jendela, sampailah kami di Stasiun Bumiayu sekitar pukul 10.00-10.30. FYI, stasiun ini gak persis di pinggir jalan raya, jadi harus agak nanjak dulu ke arah jalan raya. setelah tiba di pinggir jalan raya, kami tanya ke pedagang di pinggir jalan mana angkot yg ke arah pasar Bumiayu. Dan Bapaknya baik bgt, dia nunjukin angkot, trus malah nyamperin angkot yg sopirnya mungkin lagi tidur yg lagi ngetem di dpn warungnya, dan pas bapaknya bilang kita mau ke pasar Bumiayu, itu angkot lgsg jalan tanpa ngetem padahal kita cm berdua, kata Bapaknya jg ongkos dr stasiun ke Psr 2000 rupiah (muraaah) padahal mayan jauh dan pak sopirnya nyante bgt nyupirnya. Kita turun di dpn warung bakso Pak Jenggot (kata si Inong itu baksonya enak) dan bayar 5000 rupiah berdua. Harga baksonya seporsi 10.000 rupiah saja, es teh manis 2.500 rupiah. Baksonya gada bakso besarnya, isinya bakso kecil sekitar 6 ato 7 biji.

Setelah makan bakso kita berdua pengen beli Yoghurt sejenis Cim*ry ato Yak*lt, akhirnya kita masuk ke swalayan namanya kalau gak swalayan "BARU" klo dari Bakso Jenggot, swalayannya maju n nyebrang lagi. Nah di situ Inong tanya2 ke mbak2 penjaga swalayannya tentang angkot ke arah Paguyangan yg mau ke Kaligua. Dan si mbaknya ngasi tau, kita harus naik angkot Oranye yg arah Pesawahan.

Dan sepanjang jalan kita menyusuri jalan pasar Bumiayu, yg kita temuin ngetem ato angkot jalan itu warna biru, ijo, kuning, trus bis kecil yg ke arah Purwokerto (jarak cm sejam dari pasar Bumiayu). Trus kita nemu angkot Oranye ngetem tapi sopirnya gada!!! yowes kita lanjut jalan sampe nyebrang sungai. Lumayan jauh sebenarnya kita jalan demi angkot Oranye, trus beberapa menit kita nunggu, datanglah angkot Orange jurusan Pesawahan. Tarifnya dari Pasar Bumiayu ke tmpt kita turun adalah 6000 per org (worth it lah, jauh soale). Kalo turun di ujungnya ato Pesawahan tarifnya 6.500 per org. Dan akun menyimpulkan, angkot Oranye langkaaaaaaa bangeeet!!! Dan angkot ini beroperasi dari pagi dan cuma sampai jam 14.00 aja!! Because of what? Kalau di atas jam 2 siang, yg operasi gantian ojek, dan maybe tarifnya lebih mahal, hehehe.

Sekitar jam set 12 siang kita berdua tiba di rumah Pak Kepala Desa Ragatunjung (Pas di sebelah kantor Desa Ragatunjung), dan sekarang sudah gak jadi Kades lagi heheheh, kita berdua disambut dengan segelas teh hangat dan cemilan-cemilan khas yg cukup banyak, pokoknya sambutannya hangat bgt deh, hehehe. Setelah ngobrol bentar, kami dipersilahkan makan siang, dan ternyata kami sudah disiapkan kamar untuk bermalam padahal niatkan kami berdua mau nginep bukan di situ tapi di rumah yg dulu ditinggalin Inong pas KKP (tp juga si Inongnya belum ngabarin pihak sana sih secara doi sebelum berangkat sms-annya ama Pak mantan Kades atau Pak Syafii. Setelah makan, karena lelah tidur sambil duduk di kereta aku dan Inong ijin mau istirahat. Tempatnya adeeem bgt, airnya dingin seger, kamar jg adem, gak gerah, enak buat tidurrr. Skip Skip tidur dan mimpinya apa, hehehe

Dan sekitar pukul 17.00 terbangunlah aku dari tidur siangku yang nyenyaaaak, si inong udah gak ada. So aku bangun tdr langsung mandi sore dengan air gunung yg dingiiiin dan segeeeer bgt (tapi gak sedingin yang di Tawangmangu, Puncak, atau Gunung Bunder). Sorenya langsung diajak Inong buat sowan ke rumah Ibu Aisyah, itu rumah yg ditinggali Inong selama 49 hari KKP di desa itu. Jaraknya gak deket tapi juga gak jauh-jauh banget. Konturnya, turuuuun, berkelok, naik tanjakan dan nanjaaaaak lagi, hehehhehe.

Sudah sampai, kita ngobrol dan sholat Magrib di masjid dekat rumah bu Ais, habis Magrib di suruh makan malam. Sekitar pukul 20.00 malam kami pamit untuk kembali ke Rumah Pak Syafii. Dan pas kami mau balik, si mas2 anak Bu Ais dan Bu  Aisnya sendiri ngegodain kami katanya kalau lewat jembatan kalo ada yg manggil di suruh njawab. Yah namanya kita anak pemberani, yah bilang berani-berani aja, gimana gak berani, orang ke Brebes berdua ngeteng aja berani hahahaha. Tapi pas di jalan kami jadi jiper sih soalnya lampu miniiim bgt, ada lampu ya cuma dari lampu rumah/teras rumah. Nah pas turunan sebelum Jembatan itu gelap gulita, sampai tanjakan ke arah rumah pak Syafii jg gelap. Nah inget omongan Anak Bu Ais tuh jadi deg-degan, yaudah kita berdua ngobrol dan sengaja gak berenti ngobrol (biar gak ada yg manggil, hahahahaha).

Dan Alhasil, tibalah kami berdua dalam terang, hahahah

Setelah sampai di rumah Pak Syafii kami langsung ke ruang tengah dan sudah ada Mbak Iis (Anak pak Syafii) dan Ibuk (Istri Pak Syafii). Trus kami cerita kalau tadi kami dibecandain sama Bu Ais. Eh trus Mbak Iis cerita, kalau ternyata di Sebelah kiri jembatan itu Kuburan trus ada rumah kosong. Trus katanya emang kalau ada orang lewat di situ suka diisengin, Hiiii, untung tadi gak kenapa-kenapa, Alhamdulillah....

Ngobrol-ngobrol sampai jam 9, eh Ibuk nyuruh kita makan (padahal td hbs Magrib kita udah makan di rumah Bu Ais), yah demi menghargai tuan rumah dan kalau kata org Jawa kalau ada rejeki itu gak boleh dimakan, Alhasil sehari itu kita udah makan 5 kali -> sarapan nasgor di kereta, makan bakso Jenggot, makan siang di rumah pak Syafii, makan Magrib di rumah bu Ais, makan malam bgt di rumah pak Syafii lagi. Alhamdulillah lah ya,,, heheh

Karena sudah ngantuk, aku pergi tidur ke kamar duluan dan inong sepertinya sedang konsul ke Pak Syafii (curhat lebih tepatnya, hahahaha).

Skip skip skip...

Dan sekian dulu untuk part 1-nya. nanti lanjut ke part 2 yaaaa...